oot ( B. Sistem gerak manusia )

Otot

Otot merupakan suatu jaringan yang terdapat pada tubuh manusia. Tanpa adanya otot tubuh manusia tidak akan bisa bergerak karena otot merupakan bagian yang bisa membuat tulang manusia bergerak.
Otot memiliki fungsi utama sebagai alat gerak aktif mansusia untuk membantu tulang atau rangka agar bisa bergerak.
Berikut ini adalah jenis-jenis otot yang ada pada manusia:
a.Otot Polos
bentuk dari otot polos adalah gelondong yang menggelembung pada bagian tengah serta meruncing di bagian ujungnya. Jumlah otot polos adalah satu dan terletak di bagian tengah, warna yang dimiliki otot ini adalah polos sesuai dengan namanya. Otot ini sendiri bekerja secara tidak sadar.
b.Otot Lurik
Otot lurik memiliki bentuk yang menyerupai silindris dan bentuknya juga memanjang, jumlah dari otot ini sendiri ada banyak dan letaknya berada di bagian tepi, otot lurik juga bekerja secara tidak sadar dan juga cepat dalam merespon rangsang, otot lurik ini banyak dijumpai melekat pada tulang.
c.Otot Jantung
Jenis otot yang terakhir adalah otot jantung yang memiliki bentuk silindris dan bercabang dan memiliki warna lurik dan berbentuk anyaman. Otot jantung bekerja secara tidak sadar dan lambat saat merespon rangsang. Sesuai dengan namanya otot jantung hanya terletak pada jantung.

4.Tulang

Tulang merupakan sebuah susuan yang membentuk tubuh dari atas hingga bawah, dari tulang kepala hingga tulang kaki. Tulang terbentuk oleh sebuah kandungan kalsium yang berupa garam yang kemudian melekat dengan bantuan kalogen.
Tulang memilik fungsi yaitu sebagai alat gerak pasif, karena tulang hanya akan bisa bergerak jika otot melakukan sebuah gerakan.


Komentar