Upaya menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia ( B. Sistem gerak manusia )

Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Gerak Manusia

Assalamu'alaikum wr.wb.
  Hello,guys.....
Selamat bertemu lagi di blogku yang kali ini.Blogku yang pertama kan aku berbagi cerita,nah tapi blogku yang kedua ini akan membahas 2 rangkuman yaitu tentang:
1."Gangguan dan Kelainan pada Sistem
     Gerak dan Upaya Mencegah serta
     Mengatasinya."
 2."Upaya Mencegah Kesehatan Sistem
      Gerak pada Manusia."
Pembahasan 2 rangkuman tersebut akan saya jelaskan di bawah,seperti berikut:
1.Gangguan dan Kelainan pada Sistem Gerak dan Upaya Mencegah serta Mengatasinya.
    Mari kita pelajari beberapa gangguan dan kelainan yang sering terjadi pada sistem gerak berikut ini.....
     A. RIKETSIA
          Riketsia terjadi karena  kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga proses pengerasan tulang terganggu.Riketsia menyebabkan tulang kaki tumbuh membengkok.
Penyembuhan dan pencegahan dari penyakit ini adalah dengan penambahan kalsium ,fosfor,dan vitamin D ke dalam menu makanan.Vitamin D dapat di aktifkan dengan bantuan sinar matahari pagi melalui berjemur.Yang dapat mengaktifkan vitamin D melalui berjemur yaitu karena dari sinar ultraviolet.Dengan bertambahnya kadar vitamin D dalam tubuh maka dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga dapat menolong perbaikan tulang penderita riketsia.
    B. OSTEOPOROSIS
         Osteoporosis disebabkan karena kekurangan kalsium.Orang tua lah yang biasanya terkena penyakit ini,karena orang tua biasanya menghasilkan lebih sedikit hormon,sehingga osteoblas sebagai pembentuk tulang kurang aktif dan massa tulang pun jadi berkurang.
     C. Artritis 
        Artritis adalah penyakit sendi.Sendi yang terkena artritis tidak dapat digerakkan.Rematik adalah salah satu bentuk artritis.Upaya untuk mengurangi  penyakit artritis yaitu dengan mengonsumsi makanan yang seimbang.
     D. Fraktuara (Patah tulang)
          Salah satu penyebab terjadinya patah tulang adalah karena tulang mengalami benturan keras.Jika tulang yang patah tidak sampai menembus kulit di sebut dengan fraktura tertutup dan sebaliknya.
     E. Kifosis,Lodorsis,dan Skoliosis.
        1.Kifosis
           Kifosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan di bagian dada ke arah belakang.Penderita ini tubuhnya terlihat membungkuk.
        2.Lodorsis
           Lodorsis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan ke arah depan bagian punggung.
        3.Skoliosis
           Skoliosis adalah melengkungnya tulang belakang ke arah samping .Skoliosis dapat di sebabkan oleh polio atau kebiasaan duduk atau berposisi salah.
2.Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Gerak pada Manusia.
    Agar kita selalu menjadi sehat dan terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu kesehatan,maka kita harus mengetahui upaya - Upaya menjaganya.Kita dapat mempelajari di bawah ini,ayo kita pelajari bersama sama...
   A. Kita harus bisa meningkatkan kandungan kalsium dalam asupan makanan.Ada beberapa makanan yang mengandung kalsium dan dapat kita temukan dengan mudah yaitu seperti,susu,kangkung,kedelai dan olahannya,ikan salmon,kacang almond,dan brokoli.
       B. Kita juga dapat mengatasi dengan cara berjemur pada sinar matahari karena dapat menambahkan vitamin D.
  C. Kita harus menambah asupan vitamin D dengan makanan yang mengandung vitamin D.
    D. Memperhatikan aktivitas fisik yang cukup setiap harinya.Aktivitas fisik dapat dilakukan dengan jalan kaki,lari-lari pagi,dan juga menaiki tangga dapat membantu terbentuknya tulang yang kuat.
      E. Dan dapat di cegah dengan cara menghindari sikap tubuh yang salah,misalnya pada saat posisi tidur membungkuk,dan saat tidur sebaiknya memakai alas yang datar dan padat agar posisi tulang belakang tetap lurus.
       

Komentar